Melihat Hardware Secara Detail

Malem minggu sendiri dikamar kost yang bisa aku bilang cukup mewah (ngarep banget), seperti malam minggu yang sudah terlewati sendiri lagi dan lagi hehehe tetapi malam ini cukup beruntung. Mengapa begitu ? dikarenakan malam ini aku punya mood untuk membuat sebuar artikel kecil yang mungkin bermanfaat bagi yang membutuhkan hehehehe, terutama buat diriku sendiri sih.

Jadi begini, ketika komputer maupun laptop kita semua hardwarenya sudah terinstall drivernya masing-masing dapat dipastikan bahwa driver tersebut akan meniggalkan jejak (tanda pengenal) dalam system komputer tersebut. Permasalahannya bukan dimasa ini, melainkan dimasa yang akan datang dimana hardware-hardware yang kita gunakan membutuhkan driver kembali (mungkin karena error / install ulang). Karena hardware yang kita gunakan sudah kuno (jadul / jaman dulu) mungkin saja dari pihak pabrik sudah tidak menyertakan link download driver untuk hardware tersebut.

Maka dari itu sejak sekaranglah kita harus mempersiapkan driver-drivernya, bisa dengan cara memburning dalam CD/DVD atau menyimpannya dalam harddisk. Nah langkah sebelum kita mendownload driver-driver tersebut adalah kita harus mengetahui seri (model) dari hardware yang hendak kita cari drivernya. Sebenarnya sekarang sudah banyak software yang bertujuan untuk melihat detail dari hardware yang kita punya maupun dengan fitur mencarikan link download drivernya di internet. Tetapi jika anda tak tahu nama softwarenya maupun tak ingin menginstall software tersebut kita dapat menggunakan fitur bawaan dari windows dengan cara mengikuti langkah-langkah berikut ini :

Klik Start kemudian masuklah ke All Programs ► Accessories ► System Tools ► System Information

Atau lewat Tombol Run (Windows + R) kemudian ketikkan msinfo32 dan OK

Nah pada bagian awalnya kita akan dihadapkan pada general informasi segala tentang komputer kita. Sedangkan untuk mengetahui seluk beluk hardware silahkan masuk ke Components

Tinggalkan komentar